Banners Banners Premium WordPress Themes Banners

Search

Sunday 9 December 2012

Penjelajahan Samudra dan Akibatnya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Anda Sedang Membaca Artikel Tentang : 
PenjelajahanSamudra dan Akibatnya



Perkembangan pemikiran baru, dari Copernicus dan Galileo di Eropa, mengubah pandangan masyarakatnya, tentang keberadaan bumi. Pemikiran, Copernicus dan Galileo menyatakan dunia ini bulat dan matahari sebagai pusat tata surya Pemikiran itu mendorong orang-orang Eropa untuk mengarungi lautan mencari daerah baru. Selain itu, berbagai penemuan baru seperti kompas, peta-peta bumi yang lebih baik, pembuatan kapal-kapal yang lebih baik, dan penggunaan mesin telah semakin memperkuat niat mereka untuk segera melakukan penjelajahan samudra tersebut. Faktor ekonomi merupakan faktor paling kuat yang mendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. Sebelum menemukan daerah pusat rempah-rempah, bangsa Eropa hanya mendapat hasil dagangan di pusat-pusat pelabuhan Asia Barat. Barang dagangan yang diperoleh berasal dari India, Cina, Jepang, dan AsiaTenggara (diantaranya Indonesia).

Keuntungan yang diperoleh bangsa Eropa dengan membeli barang dagangan dari pelabuhan Asia Barat, sangat sedikit Apalagi para pedagang Asia Barat menjual barang dagangan dengan sangat mahal. Oleh karena itu, orang-orang Eropa berkeingjnan mencari barang dagangan dari pusatnya. Dengan cara seperti itu, mereka berharap memiliki keuntungan yang berlipat ganda,
Kemudian, jatuhnya kota Konstantinopel mendorong orang-orang Eropa untuk mencari rempah-rempah di wilayah Dunia Timur. Sebelum Konstantinopel jatuh, Venezia dan Genoa (Italia) sudah memegang peran monopoli perdagangan rempah-rempah di Laut Tengah,


Bangsa Eropa yang datang ke Dunia Timur pun pada dasamya dilatar belakangi oleh beberapa faktor idealisme. Faktor idealisme itu adalah pertama, mencari kekayaan (Gold). Bangsa Eropa datang ke Dunia Timur adalah mencari rempah-rempah yang merupakan suniber kekayaan yang sangat penting dan laku di pasaran Eropa.
Kedua, mencari kejayaan (Glory), setelah mendapatkan daerah rempah-rempah akan dibentuk satu bentuk penguasaan di daerah tersebut guna mencapai kejayaan.

Ketiga, menyebarkan agamaNasrani (Gospel). Tujuan berikutnya adalah memerangi kekuasaan Islam dan menyebarkan agama Nasrani.
Keinginan untuk mengurangi atau menjelajahi samudera semakin besar, ketika muncul buku karangan Marcopolo, berjudul Imago Muadi (Citra Dunia) dan IP Millione (Sejuta Keajaiban). Dalam kedua buku itu dijelaskan tentang kekayaan yang berlimpah di negeri Timur (Cina dan Jepang). Kekayaan itu berupa emas, perak, dan sutra. Kisah dalam buku Marcopolo itu memberikan satu motivasi bagi para pelaut Eropa untuk mengarungi Samudra.

a.     Berdasarkan waktu timbulnya

Imperialisme kuno yang muncul sekitar tahun 1500 M. Semboyan

imperialisme kuno yaitu gold, gospel, dan glory.

Imperialisme modern yang berlangsung setelah revolusi industri berkembang

di Inggris (abad XIX). Tujuan utamanya adalah mengembangkan
perekonomian, karena negara yang sedang membangun industri memerlukan
bahan mentah dan daerah untuk memasarkan hasil industrinya.

b. Berdasarkan tujuan penguasaan seperti imperialisme politik, imperalisme ekonomi, imperialisme kebudayaan, dan imperialisme militer.

Atas dasar faktor-faktor di atas, sejak abad ke-15 bangsa-bangsa Eropa, seperti Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda berlayar untuk menemukan Dunia Timur yang disebutnya sebagai "daerah-daerah baru" di seberang lautan. Penjelajahan samudra itu ternyata di kemudian hari akan menimbulkan malapetaka bagi negeri-negeri di belahan Dunia Timur termasuk Indonesia, yaitu dengan munculnya kolonialisme dan imperialisme.

Secara luas kolonialisme dapat diartikan sebagai suatu sistem pemukiman warga suatu negara di luar wilayah induknya atau negara asainya. Daerah itu kemudian dinyatakan sebagai bagian wilayah mereka. Dengan demikian, kolonialisme merupakan suatu sistem yang digunakan sebuah negara dalam rangka menjalankan politik pendudukan atau penjajahan terhadap negara lain. Dalam perkembangannya bentuk kolonialisme dapat dibedakan menjadi : koloni penduduk, koloni eksploitasi, koloni kelebihan penduduk, dan koloni deportasi.
Imperialisme merupakan suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lain, penjajahan dilakukan dengan jalan membentuk pemerintah jajahan atau dengan menanamkan pengaruh dalam semua bidang kehidupan daerah yang dijajah. Dalam perkembangannya bentuk imperialisme dapat dibedakan menjadi:
Adapun para pelopor penjelajahan samudera tersebut antara lain:

A. Bangsa Portugis
1)Bartholomeo Diaz deNovaez, tahun 1486 sampai di ujung SelatanBenua Afiika yang kemudian dikenal dengan Tanjung Harapan.

2) Vasco da Gama, yang diutus Raja Manuel I (1469 - 1521) untuk memimpin ekspedisi ke dunia timur. Pada bulan Mi 1497, ia meninggalkan Lisabon berlayar melalui Tanjung Verde dan tiba di Tanjung Harapan pada 22 November 1497, kemudian mendarat di Calicut India pada tahun 1498. Di setiap daerah yang dilaluinya ia menancapkan tanda bahwa daerah tersebut menjadi kekuasaan Portugis dengan mendirikan benteng.

3)Alfonso d'Albuquerque (1453 - 1515), pelaut dan menjadi gubernur Portugis di Asia, ia berhasil merebut kota pelabuhan kunci jalur pelayaran ke India, kemudian tahun 1510 ia mengacaukan jalur perdagangan antara Arab dan India dan menaklukkan Goa. Pada tahun 1511 ia berhasil merebut Malaka yang merupakan pelabuhan paling ramai di Asia Tenggara, dan tahun 1512 armada Portugis sampai di Temate. Pedro Alvarez Cabral pada 22 April 1500 berhasil menguasai BrazilJia

4)Vasco da Gama, yang diutus Raja Manuel I (1469 - 1521) untuk memimpin ekspedisi ke dunia timur. Pada bulan Mei 1497, ia meninggalkan Lisabon berlayar melalui Tanjung Verde dan tibadi Tanjung Harapan pada 22 November 1497, kemudian mendarat di Calicut India pada tahun 1498. Di setiap daerah yang dilaluinya ia menancapkan tanda bahwa daerah tersebut menjadi kekuasaan Portugis dengan mendirikan benteng.

5)Alfonso d'Albuquerque (1453 - 1515), pelaut dan menjadi gubernur Portugis di Asia, ia berhasil merebut kota pelabuhan kunci jalur pelayaran ke India, kemudian tahun 1510 ia mengacaukan jalur perdagangan antara Arab dan India dan menaklukkan Goa. Pada tahun 1511 ia berhasil merebut Malaka yang merupakan pelabuhan paling ramai di Asia Tenggara, dan tahun 1512 armada Portugis sampai di Temate. Pedro Alvarez Cabral pada 22 April 1500 berhasil menguasai Brazilia


B.Bangsa Spanyol
1) Christophorus Columbus (1451 - 1506), adalah pelaut asal Italia yang terkenal karena telah menemukan jalan ke benua Amerika (1492), tetapi dia tidak pemah menginjakkan kakinya di benua tersebut, hanya sampai kepulauan Bahama, Cuba, Yamaica, dan Haiti di laut Karibia, Amerika Tengah dengan menggunakan tiga buah kapal, yaitu Santa Maria, La Pinta, dan Nina yang merupakan hadiah dari Ratu Spanyol Isabella

2) Ferdinand Magelhaens, mengawali pelayarannya pada 10 Agustus 1519 dengan lima buah kapal menyusuri pantai Amerika Selatan dan sampai di Filipina tahun 1521, kemudian melanjutkan pelayarannya ke kepulauan Maluku. Ia merupakan pelaut terbesar yang berhasil membuktikan bahwa bumi benar-benar bulat, dan ia juga banyak mempersembahkan negeri baru sebagai koloni Spanyol, di antaranya Filipina yang dikuasai Spanyol sejak 1521 sampai 1898.



3)  Hernando Cortez (1485 -1547), pada tahun 1518 berhasil menguasai daerah Mexico.

4) Fransisco Pizarro (1475 -1541), melalui ekspedisinya yang spektakuler dari tahun 1522-1531, ia berhasil menguasai hampir seluruh Amerika Latin seperti Peru, Chili, Bolivia, dan Equador.



Semoga Artikel Dari M.N.T Blog's Ini Bermanfaat Bagi Anda.

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Agar Kami Bisa Memperbaiki Kekurangan Dalam Blog Ini.

Terimakasih. :) 

Ditulis Oleh : ImHero ~ Tempat Berbagi Dan Saling Bertukar Ilmu

Tyo PRo Cliquers Anda sedang membaca artikel tentang Penjelajahan Samudra dan Akibatnya. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

1 comments:

makasih kak. :D sudah sedikit membantu untuk mengerjakan tugas sekolahku.. :)

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar , Kalau Bisa Yang Baik-Baik. :)
Tapi Kami Mohon Jangan Menyepam Ya..!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...